pivotable dan pivotchart



PivotTable merupakan fitur yang ada di program MS. Excel yang fungsinya untuk membuat rangkuman, melakukan analisa, eksplorasi data, serta mempresentasikannya. Dengan PivotTable menjadikan kegiatan anda dengan menggunakan ms. Excel lebih powerful seperti merangkum data dalam jumlah yang besar dengan waktu yang singkat. Selain itu juga efektif untuk memanipulasi layout data dari yang anda butuhkan.

Penggunaan PivotTable ini sangat efektif digunakan bagi anda yang bekerja di departemen penjualan dimana tugas anda dalam menganalisa berbagai data penjualan dengan berbagai sudut pandang yang berbeda, misalnya dilihat dari sudut pandang wilayah, produk, serta tenaga penjualannya. Maka dari itu, bagi anda yang merupakan staff departemen penjualan tentu harus menguasai PivotTable dengan baik dan benar.

Karena pekerjaan anda yang berurusan dengan data-data yang jumlahnya sangat besar, seperti analisis data, akunting, dan lain sebagainya. Namun kendalanya, para pengguna Excel ini masih merasa kurang percaya ketika menggunakan PivotTable. Mereka menganggap, fitur tersebut terlihat kaku serta kurang fleksibel. Untuk itu, setelah anda membaca ulasan di artikel ini, maka anda bisa lebih percaya diri untuk menggunakan fitur tersebut demi kelancaran pekerjaan anda.
Kegunaan dari Menggunakan PivotTable pada Excel


Sebelum anda mengetahui langkah apa saja dalam menggunakan fitur PivotTable pada pekerjaan anda dalam menggunakan MS. Excel, anda harus tahu dahulu tentang manfaat PivotTable ini, yaitu.

1.Membuat pengelompokan data yang berdasarkan kategori sesuai yang diinginkan.
2.Membuat rangkuman data pada berbagai perhitungan, seperti sum, average, dan lain sebagainya.
3.Menyaring data yang ingin ditampilkan.

Membuat PivotChart

1.Pilih sel dalam tabel Anda.
2.Pilih sisipkan > PivotChart  .
3.Pilih OK.
4.Membuat bagan dari PivotTable
5.Pilih sel dalam tabel Anda.
6.Pilih alat PivotTable > menganalisis > PivotChart  .
7.Pilih bagan.
8.Pilih OK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini